Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Inilah 10 Fakta Malam Lailatul Qadar Yang Harus Kamu Tau!

Foto: Getty Images/iStockphoto/jeka1984/Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar atau dikenal juga dengan istilah malam 1000 bulan menjadi malam yang istimewa bagi umat islam.

Malam lailatul qadar diyakini ada di salah satu malam ganjil pada 10 hari terakhir Ramadan.

Berikut fakta-fakta tentang malam lailatul qadar yang harus diketahui umat muslim.

1. Pertama kali ayat-ayat Al Quran muncul

Malam lailatul qadar diyakini sebagai malam yang paling istimewa karena pada malam tersebut pertama kalinya Allah SWT menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al Quran kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril.

pendapat menyebut malam lailatul qadar ada pada malam ganjil di paruh akhir bulan Ramadan.

3. Lebih baik dari 1000 bulan

Kemuliaan yang ada dalam malam lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan atau sama dengan 82 hingga 83 tahun kehidupan.

4. Ciri orang yang mendapat lailatul qadar

Mereka yang mendapat malam lailatul qadar diyakini akan mendapat ketenangan hati setelah menyelesaikan ibadah puasa satu bulan penuh. Selain itu, kualitas ibadah mereka juga akan semakin membaik.

5. Tidak tidur dan perbanyak berdoa

Sebagaimana dilansir dari UP3AI UNSYIAH, untuk mendapat malam kemuliaan ini sebaiknya umat muslim tidak tidur dan memperbanyak berdoa serta beribadah sepanjang malam.

6. 'Misteri' 10 hari terakhir

Malam lailatul qadar jatuh pada salah satu malam ganjil di 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Allah SWT merahasiakan datangnya lailatul qadar supaya umat-Nya gencar berburu pahala dengan beribadah di bulan Ramadan.

7. Doa malam

Umat Islam bisa berdoa untuk mendapatkan malam lailatul qadar. Selain doa pribadi, Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa lailatul qadar. Istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah menyebut bahwa beliau sering membaca doa lailatul qadar agar bisa mendapatkan keutamaan malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut.

Doa lailatulqadar ini berisi pujian kepada Allah SWTdan juga permohonan ampun atau taubat kepada Allah SWT.

Berikut doa lailatul qadar lengkap beserta artinya:

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allaahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat yang Maha Pemaaf dan Pemurah, maka maafkanlah aku.

Doa lailatul qadar beserta artinya bisa Anda baca di 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

8. Malam doa mustajab

Malam lailatul qadar termasuk waktu yang mustajab atau waktu yang mudah dikabulkannya doa. Malam ini juga penuh dengan kemuliaan. Seseorang yang mendapatkan keutamaan malam malam lailatul qadar, maka ia akan mendapatkan pahala dan rahmat yang berlipat ganda.

9. Salat lailatul qadar

Kyai Fahrur A Rozi Bululawangdari PBNU mengatakan, salat Lailatul Qadar sebenarnya merupakan salat tahajud atau qiyamul lail yang sengaja dilaksanakan pada tengah malam di bulan Ramadan.

"Salat ini memang sangat dianjurkan dilakukan pada setiap malam hari, utamanya pada sepuluh malam terakhir Ramadan," kata Fahrur saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (25/4).

Salat ini memiliki ketetapan hukum sunah. Artinya, umat Muslim akan mendapatkan pahala jika melakukannya, tapi tidak berdosa jika tidak melakukannya.

Diriwayatkan sebelumnya, kata Fahrur, Rasulullah SAW senantiasa melakukan itikaf di masjid pada 10 malam terakhir Ramadan.

10. Doa qunut

Fahrur mengatakan, di Masjidil Haram, biasanya sholat Lailatul Qadar dilakukan sebanyak 10 rakaat, yang ditambah dengan salat witir sebanyak tiga rakaat. Salat dilakukan secara berjamaah.

"Selama hampir satu setengah jam dan ditutup doa qunut dalam rakaat terakhir yang cukup panjang. Di beberapa masjid jami di Indonesia juga diadakan," kata dia.

Sumber; www.cnnindonesia.com

Tidak ada komentar