Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunah

Salah satu sunnah menjenguk orang sakit adalah mendoakannya. Rasulullah SAW sendiri telah mengajarkan doa menjenguk orang sakit agar lekas diberi kesembuhan.

Menjenguk orang sakit termasuk salah satu hak muslim atas muslim lainnya. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Hak muslim atas muslim lainnya ada lima, yaitu: menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengiring jenazah, memenuhi undangan, dan mendoakan orang yang bersin." (HR Bukhari dan Muslim)

Disebutkan dalam 'Alam al-Mala'ikah al-Abrar & Alam al-Jinn wa asy-Syayathin karya Umar Sulaiman Abdullah al-Asyqar dan diterjemahkan Kaserun AS Rahman, menjenguk orang sakit juga termasuk salah satu amalan yang mendatangkan doa dari malaikat.

Hal ini bersandar pada hadits yang termuat dalam Shahih al-Jami'. Dari Ali, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Tidak ada seorang muslim menjenguk sesama muslim, kecuali Allah mengutus 70.000 malaikat yang mendoakannya kapan saja pada waktu siang hingga sore dan kapan saja pada waktu malam hingga pagi." (HR Ibnu Hibban)

Mengutip Kitab Miftah al-Falah wa Mishbah al-Arwah karangan Ibn Athaillah al-Sakandari, berikut bacaan doa menjenguk orang sakit sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Menjenguk Orang Sakit Latin, dan Artinya

Allahummasyfi abdak

Artinya: "Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu"

Doa tersebut mengacu pada sabda Rasulullah SAW, "Apabila seseorang menengok orang sakit, lalu berdoa, 'allahumasyfi abdak' (Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu), maka ia akan bisa berlari memenuhimu atau berjalan kepadamu untuk salat."

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan doa dengan redaksi yang lainnya. Berikut bacaan doa menjenguk orang sakit sesuai sunnah,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illā anta syifaa'an lā yughaadiru saqaman

Artinya: "Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tidak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit."

Doa menjenguk orang sakit tersebut dibaca tiga kali. Kemudian, menyapukannya kepada badan orang sakit dengan tangan kanan atau ketika kita menyapu badan orang sakit. Hal ini dilakukan Rasulullah SAW ketua salah seorang keluarganya sakit. (HR Al Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar