Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Intip yuk! Cara Membuat Moussaka, Kuliner Khas Yunani, Rasanya Mantul!

                                                                Kuliner KhasYunani

Siapa yang pernah jelajah kuliner khas Yunani? Ternyata hidangan dari negara tersebut memiliki rasa yang tidak kalah mantul lho! Ditambah lagi, cara membuat kulinernya sangat praktis dan mudah seperti satu ini yaitu moussaka.

Tapi tahukah Anda, bahwa hidangan ini merupakan kuliner yang berasal dari Arab? Menurut sumber dari flymetothemoontravel, seorang sejarawan telah menemukan resep moussaka versi kuno dari buku masak abad ke-13 yang berjudul 'A Baghdad Cookery Book' karangan Muhammad ibn Al-Hasan ibn Al-Karim.

Memasuki tahun 1910, salah satu koki Yunani yang bernama Nicholas Tselementes, dalam pertama kalinya telah menerbitkan resep moussaka yang dipadukan dengan saus French bechamel. Hidangan tersebut menjadi cikal bakal moussaka khas Yunani yang dikenal hingga sekarang.

Dari cara penyajiannya, hidangan moussaka terlihat seperti lasagna yang sama-sama disajikan dalam pinggan. Namun, kuliner khas Yunani ini tidak mengandung pasta, melainkan campuran daging dan terong dengan paduan rasanya yang mantul.

Penasaran dengan cara buatnya? Nah, pada artikel ini, Jayastainless.com akan merangkum resep moussaka khas Yunani dengan rasa yang mantul banget.

Bahan:

      50 gr mentega

      2 siung bawang putih

      ½ buah bawang bombay

      250 gr daging sapi

      3 buah tomat

      2 buah terong ungu besar

      Garam, merica, dan pala secukupnya

      Minyak goreng secukupnya

      100 gr keju parut

      100 gr bubuk roti

Cara Membuat:

      1. Langkah pertama, cincang bawang putih, bawang bombay, dan daging sapi. Kemudian, ambil                buah tomat dan rebus sebentar. Pisahkan kulit tomatnya dan cincang kasar. Sisihkan.

      2. Sementara itu, siapkan terong ungu dan iris bulat. Sisihkan.

      3. Kemudian, panaskan minyak dan goreng irisan terong sampai matang.

      4. Langkah selanjutnya, panaskan mentega dan masukkan bawang putih serta bawang bombay.                  Tumis hingga berbau harum.

      5. Lalu, masukkan cincangan daging sapi dan aduk hingga matang.

      6. Setelah itu, campurkan dengan potongan tomat. Beri garam dan merica. Aduk rata dan angkat.

      7. Sementara itu, siapkan keju parut dan bubuk roti. Campurkan menjadi satu dan aduk rata.                      Sisihkan.

      8. Kemudian, tuangkan tumisan daging ke dalam pireks (pinggan tahan panas) dan beri irisan                     terong goreng di atasnya. Taburi moussaka dengan taburan keju dan bubuk roti.

Tidak ada komentar