Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Ingin Rekrut Pemimpin IT? Berikut 9 perbedaan antara IT Leader dan IT Manager!

CREDIT: GETTY IMAGES

Dikutip dari SWICKtech, Ryan Klund, asosiasi pengembangan bisnis mengungkapkan jika “pemimpin hebat tidak ditetapkan untuk menjadi pemimpin. Mereka bertekad untuk membuat perbedaan.”

Kepemimpinan TI dan manajemen TI memiliki tempat dalam bisnis, tetapi apa perbedaan antara keduanya. Lalu apa yang dilakukan Leader IT berbeda dari Manajer TI? Dan, mana yang dibutuhkan di organisasi Anda untuk memastikan kesuksesan di masa depan?

William Aruda, kontributor senior Forbes dan pakar branding menulis daftar 9 pembeda antara Leader IT dan Manajer IT. Dia menulis bahwa kepemimpinan tidak terjadi ketika seseorang dipromosikan. Ada perbedaan penting antara keduanya.

Kami akan melihat perbedaan daftar Aruda, dan memberikan contoh perbedaan dalam tim IT bisnis.

DI SINI ADALAH 9 PERBEDAAN ANTARA LEADER IT DAN MANAJER IT

1. Leader IT menciptakan visi sementara seorang Manajer IT menciptakan tujuan

“Para Leader IT melukiskan gambaran tentang apa yang mereka lihat dan menginspirasi serta melibatkan orang-orang mereka dalam mengubah visi itu menjadi kenyataan. Sementara manajer berfokus pada pengaturan, pengukuran, dan pencapaian tujuan.”

Leader IT fokus untuk menggambarkan kesuksesan dan memercayai manajer dan karyawan mereka untuk membuat dan melaksanakan tujuan. Leader IT tidak menghabiskan banyak waktu dalam perincian seperti Manajer TI, justru mereka lebih berfokus pada memperlengkapi dan menginspirasi manajer untuk sukses.

2. Leader IT adalah agen perubahan; Manajer IT mempertahankan status quo

“Jika diibaratkan, pemimpin adalah pengganggu yang bangga dan inovasi adalah resep mereka. Sedangkan Manajer IT tetap berpegang pada apa yang berhasil, memperbaiki sistem, struktur, dan proses untuk menjadikannya lebih baik tanpa inovasi.”

Leader IT memahami tren teknologi dan selalu mencari metode baru untuk meningkatkan bisnis melalui TI dan teknologi. Dalam keamanan siber misalnya, seorang Leader IT akan mendorong timnya untuk mengadaptasi keamanan dengan alat baru. Sedangkan seorang Manajer IT dapat meningkatkan keamanan di suatu organisasi, tetapi seringkali terlihat untuk meningkatkan alat yang ada di suatu lingkungan.

3. Leader itu unik itu unik, meniru Manajer

“Leader IT bersedia menjadi diri mereka sendiri. Mereka sadar diri dan bekerja secara aktif untuk membangun merek pribadi mereka yang unik dan berbeda. Di sisi lain, Manajer IT meniru kompetensi dan perilaku yang mereka pelajari dari orang lain dan mengadopsi gaya kepemimpinan mereka daripada mendefinisikannya.”

Leader IT tidak perlu menjadi orang terpintar di ruangan, dan seringkali tidak demikian. Para pemimpin IT merasa nyaman dengan keterampilan mereka dan memimpin orang serta Manajer mereka dengan kepribadian dan visi mereka. Sedangkan Manajer IT memiliki pengetahuan yang mendalam tentang area yang mereka kelola dan mencari cara untuk memperbaiki dan mengarahkan karyawan di tim mereka.

4. Leader IT berani mengambil risiko, Manajer mengendalikan risiko

“Leader IT bersedia mencoba hal-hal baru demi perkembangan yang lebih pesat tanpa ragu dan takut akan kegagalan. Sedangkan Manajer berusaha untuk menghindari atau mengendalikan masalah daripada menerimanya.”

Dalam teknologi, seorang Leader IT lebih cenderung merangkul tren teknologi baru dan berkembang segudang resiko seperti hanya bisa diterapkan dalam jangka pendek dan berujung sakit kepala karena harus mencari lagi solusi terbaru lainnya. Sementara Manajer IT cenderung menggunakan sistem dan solusi yang telah berhasil di masa lalu, duduk manis diam di zona nyaman tanpa melihat perkembangan zaman.
 
5. Leader IT ada di dalamnya untuk jangka panjang, Manajer berpikir jangka pendek

“Leader IT memiliki intensionalitas. Mereka melakukan apa yang mereka katakan dan tetap termotivasi menuju tujuan yang besar, seringkali jauh lebih baik. Di sisi lain, Manajer bekerja pada tujuan jangka pendek, mencari pengakuan atau penghargaan yang lebih teratur.

Seorang Leader IT memiliki keahlian untuk melihat bagaimana teknologi baru akan berdampak positif di masa depan. Jika diibaratkan, Leader IT telah menggunakan Cloud jauh lebih dulu sebelum Manajer IT mengunakannya. Ini dikarenakan Leader IT telah mengetahui organisasinya akan berhemat di masa mendatang dengan kerjasama jangka panjang ketimbang biaya jangka pendek yang lebih lebih memakan biaya.

6. Pola pikir Leader IT tumbuh secara pribadi, sedangkan Manajer IT hanya mengandalkan keterampilan yang sudah terbukti

“Leader IT sangat paham jika mereka tidak berinovasi dan mempelajari sesuatu yang baru setiap harinya, maka mereka akan tertinggal. Sedangkan Manajer IT sering mengulangi apa yang membuat mereka sukses, menyempurnakan keterampilan yang ada, dan mengadopsi perilaku yang telah terbukti tanpa mempelajari hal baru.”

Para Leader IT selalu ingin meningkatkan keterampilan pribadi mereka dan keterampilan tim mereka, bahkan seorang Leader IT akan turun mencari dana untuk pelatihan berapa pun biayanya demi meningkatkan kemampuan mereka. Sedangkan seorang manajer IT melihat lebih sedikit kebutuhan untuk pelatihan, karena mereka mengandalkan apa yang telah berhasil di masa lalu. Jelas pemikiran seperti ini tidak akan mampu mengkiti perkembangan zaman.
 
7. Pemimpin membangun hubungan, manajer membangun sistem dan proses

“Leader IT fokus pada semua pemangku kepentingan yang perlu mereka pengaruhi untuk mewujudkan visi mereka. Sedangkan Manajer IT berfokus pada struktur yang diperlukan untuk menetapkan dan mencapai tujuan.”

Jika para Leader IT fokus pada pengembangan profesional dan pribadi karyawan mereka, maka Manajer IT akan berfokus pada memperbaiki masalah dan menciptakan sistem untuk mencapai kesuksesan.
 
8. Leader IT adalah pelatih, Manajer IT pencari bakat matang

“Para Leader IT mengetahui lebih dalam bahwa orang dalam tim mereka memiliki jawaban atau mampu melaksanakan tugas dengan baik, karena Leader IT telah melatih mereka sebelumnya. Sedangkan Manajer IT bekerja dengan cara menetapkan tugas dan memberikan panduan tentang cara menyelesaikannya.”

Kepercayaan tidak diperoleh dengan pemimpin TI, pemimpin memercayai manajer dan karyawan mereka pada hari mereka dipekerjakan. Para pemimpin TI memercayai manajer mereka untuk menjadi kreatif dan membuat keputusan untuk tim mereka sendiri. Manajer TI menangani karyawan mereka, memastikan kesalahan diperbaiki dan sistem diikuti.
 
9. Leader IT menciptakan penggemar, Manajer IT memiliki karyawan

“Leader IT memiliki orang-orang yang melampaui dalam mengikuti mereka; pengikut mereka menjadi penggemar yang mengoceh dan promotor yang bersemangat sehingga membantu mereka membangun merek dan mencapai tujuan bersama. Sedangkan Manajer IT memiliki staf yang mengikuti arahan dan berusaha menyenangkan bos.”

Jika Manajer IT selalu merekrut karyawan dengan skill yang sudah jadi, Leader IT lebih mempertahankan karyawan dan terus mengembangkan skill team mereka dengan caranya sendiri. Jadi tidak dipungkiri jika Staf IT suka bekerja untuk Leader IT – lingkungan yang dihasilkan pemimpin berarti karyawan dipercaya, diperhatikan, dan tumbuh secara profesional.

Sumber;www.swicktech.com/

Tidak ada komentar