Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Tips dan step by step instal windows 11 di PC/laptop tidak kompatibel

Hay kawan, kalian mengalami kendala dalam mengupdate atau ragu dalam menginstal windows 11 karena info sistem di pc atau laptop ternayata tidak support dengan aturan berikut;

  1. CPU berkecepatan 1Ghz atau faster on a compatible 64-bit processor.
  2. Jenis GPU DirectX 12-compatible with WDDM 2.0 driver.
  3. Kapasitas RAM minimal 4GB dengan media penyimpanan internal minimal 64GB.
  4. Firmware UEFI, Secure Boot capable.
  5. TPM Version 1.2 or 2.0.
  6. Kualitas DisplayHD 720p display greater than 9' diagonally, 8 bits per color channel.
  7. Internet Stable connection for Windows 11 Home edition.

Wih tenang bro, jangan kawatir karena kita masih bisa kok menikmati beragam fitur dari windows 11 dengan spesifikasi komputer yang seadanya! Yups, laptop jadul juga mungkin bisa ya asal di cek type sistemnya 64 bit ya. Begini stepnya:

1. FLASHDISK KOSONG 8 GB (KAPASITAS RECOMMENDED)

Sediakan flashdisk ya kira-kira 8 GB ya untuk amannya, karena kita akan mendownload file windows 11 yang berukuran sekitar 5,4 GB belum ditambah dengan kapasitas sistem dalam proses instalasi kurang lebih 1 GB.

2. DOWNLOAD WIN 11 DI SITUS RESMI

Buka link ini atau klik aja biar gampang di https://www.microsoft.com/software-download/windows11. Scroll ke bawah dan cari " Download Windows 11 Disk Image (ISO) for x64 devices " ganti select download dengan "Windows 11 (multi-edition ISO for x64 devices)" pada kotak pilihannya. Klik tombol download dan akan muncul bahasa ini nih "Validating your request. This may take several minutes. Do not refresh the page or select back, doing so will cancel the request." Habis itu ga usah klik download ya tapi yang diklik adalah "Confirm" di Select the product language terus kita pilih aja English International aja ya hhe jangan bahasa Arab, China, atau Jepang karena saya sendiri ga ahli bahasa itu. Next klik confirm dan muncul lagi nih "Validating your request. This may take several minutes. Do not refresh the page or select back, doing so will cancel the request." Nah muncul pilihan download atau 64-bit Download, jangan klik download tapi klik yang 64-bit Download di Download - Windows 11 English International. Setelah itu kita tunggu proses download selesai sekitar 5,4 GB. Fix sampai di sini! Lanjut ke step 3.

3. COLOK FLASHDISK DAN INSTAL APLIKASI RUFUS

Kalian bisa klik link ini https://github.com/pbatard/rufus/releases/download/v3.21/rufus-3.21.exe


Ikuti alurnya sampai selesai, fase yang menentukan adalah jangan sampai salah pilih ya antara BIOS dan UEFI. Setelah selesai maka akan muncul lagi tombol start, jangan kekecoh ya dan jadi klik lagi startnya karena proses sudah selesai :D. Eject, dan shutdown.

4. INSTALASI WINDOWS SEPERTI BIASA

Saya jelaskan mungkin ada yang masih bingung dan belum pernah instal Windows. Setelah komputer mati, hidupkan dan segera tekan-tekan berulang kali tombol "DELETE" pada keyboard atau F11 mungkin di laptop (tiap brand berbeda kalian bisa cari tau di google dan secara umum adalah cukup tombol DELETE saja.

5. RUBAH ROOT KE USB YANG UTAMA

Cari root dan rubah posisi USB paling atas dan di bawahnya adalah SATA. Save settingan dan kemudian keluar dari bios dengan settingan yang telah dirubah.

6. KLIK TOMBOL APA SAJA SECEPATNYA

Ini setelah keluar dari BIOS ya supaya windows tidak masuk lagi ke sistem lama, karena tujuan kita adalah instalasi.

7. PILIH INSTALASI BUKAN REPAIR

Pilih time zone yaitu Indonesia, keyboard (US adalah keyboard standar QWERTY dan bisa kita pilih), bahasa Inggris dan next.

8. PILIH CUSTOM INSTALASI YA!

Baiknya kalau sudah dibackup data-data kita sebelum instalasi semua partisi didelete dan di buat baru (pilih new partition dan setelahnya pilih yang ujungnya GB ya jangan MB :D) karena setelah dibuat partisi baru akan muncul sistem dan primary. Klik yang primary dan next!

9. TUNGGU PROSES INSTALASI SELESAI

Setelah PC menginformasikan ingin merestart kita segera mencabut flashdisk yang menancap ya supaya bisa melanjutkan instalasi dan tidak masuk ke proses instalasi awal lagi, tentu menjengkelkan nantinya hhe karena sudah habis waktu kita menunggu. Oia, pastikan internet terhubung selama proses instalasi agar sistem dapat terupdate.

10. FINISH 99%, WINDOWS MEMINTA IDENTITAS BARU :D

Cabut LAN atau matikan jaringan WIFI jika Anda tidak memiliki akun Microsoft dalam tahap ini, atau jika sudah telat bisa di back dalam posisi internet sudah dimatikan.

11. FINISH 100%
Anda bisa menghidupkan lagi koneksi internetnya dan mengupdate windows agar semua driver yang digunakan di laptop/PC bisa secara otomatis terpasang. Selanjutnya pasang aplikasi sesukamu ya kawan.

Sekian terimakasih telah menyimak artikel ini, semoga sukses!

Tidak ada komentar