Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Apa Itu Otomotif? Ini Penjelasan dan Cabang Ilmunya!

Apa Itu Otomotif? Ini Penjelasan dan Cabang Ilmunya!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti otomotif adalah berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya (seperti motor dan sebagainya). Jadi, segala kendaraan yang mampu memindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam dunia pendidikan, ada juga ilmu yang mempelajari mengenai otomotif.

Ilmu tersebut biasa disebut dengan teknik otomotif yang mempelajari segala pengetahuan yang berhubungan dengan otomotif itu sendiri. Tak hanya itu, ilmu otomotif juga berkaitan dengan ilmu lainnya seperti Matematika, Kimia, Fisika, dan lainnya.

Biasanya, pendidikan otomotif bisa ditempuh mulai dari jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi. Di dalam pembelajaran otomotif akan diberikan pelajaran tentang cara merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin.

Secara lebih dalam, ilmu otomotif akan mempelajari mengenai perencanaan (product atau design), pengembangan (development), produksi (manufacturing) dan perawatan (maintenance). Jika berbicara mengenai otomotif, hal-hal yang terkait pun cukup banyak. Misalnya pada kendaraan bermotor, terdapat beberapa komponen yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing yang tergolong dalam otomotif.

Jenis-jenis Ilmu Otomotif

1. Perencanaan (product design)

Ilmu Otomotif Perencanaan yaitu mempelajari tentang rancangan kendaraan, mulai dari perumusan gagasan, perencanaan produksi kendaraan, cara kerja kendaraan, dan cara untuk mewujudkan gagasan itu sendiri.

2. Pengembangan (development)

Ilmu yang dipelajari dalam dunia otomif selanjutnya adalah pengembangan. Pengembangan otomotif adalah mempelajari tentang menyusun kelanjutan kendaraan agar tetap sesuai dengan prosedur keamanan, kenyamanan, hingga memperhatikan tingkat efisiensi.

3. Produksi (manufacture)

Untuk pembelajaran otomotif produksi lebih kepada cara pembuatan kendaraan hingga metode penyusunannya sampai menjadi sebuah kendaraan yang bisa berfungsi. Jadi, pembelajaran ini lebih kepada teknis kendaraan.

4. Perawatan (maintenance)

Untuk ilmu pembelajaran otomotif berikutnya yaitu perawatan yang mempelajari lebih spesifik mengenai teknik perawatan kendaraan yang telah tercipta, baik itu melalui kontrol mesin maupun penggantian suku cadang.

Tidak ada komentar