Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

10 Rekomendasi Merk Mesin Cup Sealer Terbaik

Banyaknya penikmat boba, es kopi, dan minuman kekinian lainnya membuat peluang bisnis minuman kian diminati. Daripada mengemas minuman dengan plastik atau gelas berpenutup biasa, cup dengan segel akan menambah nilai jual. Oleh karena itu, mesin cup sealer akan membantu Anda dalam merintis usaha minuman.

Kali ini kami akan membagikan tips memilih mesin cup sealer yang bagus untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek mesin cup sealer terbaik, seperti Modena, Getra, Eton, dan Omicko. Mesin cup sealer otomatis dan manual ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 

Mesin cup sealer itu apa?

Seperti namanya, mesin cup sealer adalah mesin untuk menyegel cup minuman dengan plastik. Mesin ini bekerja menggunakan sistem pemanas melalui elemen pemanas yang dapat diatur suhunya. Pemanas tersebut berfungsi untuk merekatkan plastik dengan bibir gelas. Karena itu, produknya butuh aliran listrik untuk memanaskan mesin.

Keuntungan menggunakan mesin ini adalah membuat minuman jadi tidak mudah tumpah dan lebih higienis. Selain itu, mesin ini membantu gelas plastik lebih praktis dibawa-bawa. Anda tidak perlu khawatir dengan minuman yang tumpah meski gelasnya terbalik.

Cara memilih mesin cup sealer

Anda mungkin pernah melihat mesin cup sealer di toko atau di marketplace. Meski produknya terlihat sama, spesifikasinya berbeda-beda. Maka dari itu, Anda akan terhindar dari kesalahan membeli produk dengan mengetahui cara memilihnya.

① Pilih berdasarkan jenis mesin cup sealer

Terdapat tiga jenis mesin cup sealer berdasarkan cara kerjanya, yakni manual, semiotomatis, dan otomatis. Anda perlu menyesuaikan tipenya dengan jenis usaha minuman dan kebutuhan Anda. Yuk, kenalan dengan tiga jenis mesin cup sealer!

Manual, harga terjangkau serta hemat listrik

Ciri utama dari mesin cup sealer manual adalah adanya tuas di bagian samping. Mekanisme mesin manual dilakukan dengan tangan atau membutuhkan tenaga manusia. Beberapa proses dilakukan secara manual, seperti penyegelan cup, menggulung rol plastik, menyesuaikan posisi gelas, hingga menarik tuas.

Meskipun begitu, mesin ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan mesin cup sealer manual adalah harganya yang lebih terjangkau dari jenis lainnya. Mesin ini juga membutuhkan daya listrik yang lebih kecil. Untuk Anda yang ingin membuka bisnis minuman kecil-kecilan, pilih mesin ini.

Semiotomatis, proses penggulungan plastiknya otomatis

Jika ingin beban Anda sedikit berkurang, pilihlah mesin cup sealer semiotomatis. Mesin ini juga memiliki tuas di bagian samping. Jadi, proses pemotongan plastik dan penyegelan gelas masih dilakukan secara manual.

Namun, mesin ini memiliki sensor pendeteksi kode pada plastik agar dapat diatur untuk menekan di atasnya. Anda juga akan terbantu dengan proses penggulungan plastik yang otomatis. Harga mesin ini memang lebih tinggi dari tipe manual, tetapi masih lebih terjangkau dari mesin cup sealer otomatis.

Otomatis, proses penyegelan lebih cepat dan mudah

Semua prosedur pada jenis mesin cup sealer ini dilakukan secara otomatis. Proses penyegelan cup, pemotongan lembaran plastik, serta penggulungan rol plastik bisa dilakukan sendiri oleh tipe otomatis. Anda hanya perlu meletakkan cup di atas dudukan tanpa harus mendorongnya seperti pada jenis mesin yang lain.

Mesin cup sealer otomatis adalah pilihan pas untuk kafe atau restoran. Hal ini karena proses penyegelannya lebih cepat dan dapat menyegel banyak cup setiap jamnya.

② Periksa ukuran cup yang kompatibel

Ada bermacam ukuran gelas plastik untuk kemasan minuman. Biasanya penjual menyesuaikan ukuran kemasan dengan jenis minumannya. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa ukuran cup yang kompatibel sebelum membeli mesin cup sealer.

Gelas plastik memakai satuan ons/oz.

Supaya Anda tidak bingung, berikut panduan ukuran cup beserta jenis minuman yang sesuai untuk menu Anda.

  • 12–14 oz: minuman dengan sedikit es batu, seperti es kopi, es teh, dan puding
  • 16 oz: minuman dengan cukup banyak es batu, seperti jus buah dalam ukuran small
  • 18–20 oz: minuman regular, seperti thai tea, es boba, dan milkshake
  • 22 oz: minuman berukuran besar atau jumbo dan bahkan untuk produk makanan, seperti sup atau bubur

③ Cek kapasitas mesin dalam menyegel cup per jam

Anda perlu mengecek kapasitas mesin cup sealer dalam menyegel gelas setiap jamnya. Rata-rata produknya mampu menyegel 300 hingga 400 cup minuman per jam.

Jika Anda akan membuka usaha kecil-kecilan, mesin cup sealer yang dapat menyegel 300 cup sudah bisa dipilih. Sementara itu, mesin cup sealer yang sanggup menyegel 500 cup cocok untuk bisnis dalam skala besar.

④ Periksa daya listrik mesin cup sealer

Mesin cup sealer berapa watt? Mungkin Anda bertanya-tanya berapa daya dari produknya. Konsumsi listrik mesin cup sealer adalah sekitar 300 watt. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, mesin cup sealer manual membutuhkan daya yang lebih rendah dibandingkan jenis lainnya.

Mesin cup sealer otomatis biasanya membutuhkan daya listrik sekitar 350 watt. Daya tersebut memang termasuk rendah. Namun, jika digunakan terus-menerus tentu akan boros listrik. Jadi, sesuaikanlah jenis mesin cup sealer dengan usaha minuman Anda.

Berikut adalah 10 Rekomendasi mesin cup sealer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin cup sealer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace.

1. Q2

Sealing MachineQ2-8881

Mesin cup sealer ekonomis untuk memulai bisnis.

Kelebihan:

  • Materialnya kukuh untuk harga yang terjangkau

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan untuk menyegel gelas ukuran besar atau jumbo

Mesin cup sealer manual ini kami rekomendasikan untuk Anda yang baru memulai usaha minuman kecil-kecilan. Jika modal Anda terbatas, produk ini akan banyak membantu karena harganya ramah di kantong. Jadi, Anda tidak perlu membeli mesin cup sealer bekas. Q2-8881 bisa Anda gunakan untuk menjual jus buah atau milkshake instan. Meski tergolong ekonomis, Mesin cup sealer murah ini menggunakan material besi yang kukuh dan tebal.


Perhatikan pengaturan suhu mesin cup sealer

Selain tombol power, mesin cup sealer juga dilengkapi pengatur suhu. Pengaturan suhu mesin biasanya dimulai dari 0 ºC sampai 250 ºC. Ketika pertama kali menyalakan mesin cup sealer, Anda perlu mengatur suhunya hingga tingkat maksimum.

Mesin cup sealer biasanya panas dalam waktu 5 menit. Selanjutnya, Anda bisa mengatur suhunya pada 150 ºC yang merupakan suhu yang pas untuk mesin cup sealer. Supaya mesin tetap awet, Anda bisa mematikan dan mengistirahatkannya setelah 4 jam pemakaian.

2. Eton

Manual Sealing Machine ET-D1


Kaki-kaki mesin lebih tinggi, cup makin leluasa bergerak.

Kelebihan:
  • Memiliki kaki-kaki yang tinggi untuk memudahkan dalam mengeluarkan dan memasukkan cup
Kekurangan:
  • Bobotnya cukup berat sehingga kurang mudah dipindahkan
Anda tentu ingin proses memasukkan dan mengeluarkan cup lebih leluasa meski menggunakan mesin manual, bukan? Jika Anda ingin proses tersebut tetap lancar, pilih produk ini. Kaki-kaki Eton ET-D1 dibuat lebih tinggi sehingga mencegah gelas tersangkut.

Mesin cup sealer Eton ini juga bisa diandalkan jika Anda ingin berjualan minuman dengan gelas jumbo. Produk ini sanggup menyegel cup ukuran 22 oz, lho.

3. Omicko
Cup Sealer MachineC39


Satu mesin untuk semua ukuran cup.

Kelebihan:
  • Kompatibel untuk bermacam ukuran cup
  • Bisa menyegel maksimum 500 cup per jam
Kekurangan:
  • Beberapa konsumen mengeluhkan bodi mesin yang mudah penyok
Apakah Anda berencana untuk menjual berbagai menu minuman? Jika iya, produk ini merupakan mesin cup sealer yang bagus untuk dipilih. Produk ini kompatibel dengan bermacam ukuran cup, mulai dari 10 oz hingga 22 oz.

Tinggi gelas maksimum yang bisa masuk ke mesin cup sealer Omicko ini adalah 20 cm. Selain itu, produk ini dapat menyegel sampai 500 cup per jam. Dengan begitu, konsumen Anda akan terlayani dengan cepat.

4. Nankai
Cup Sealer ET-D8


Khusus cup 16 oz, tidak ribet melepas dan memasang ring.

Kelebihan:
  • Bobotnya cukup ringan
Kekurangan:
  • Ada review yang menyebutkan bahwa material yang digunakan kurang kukuh
Untuk Anda yang berencana berjualan minuman dengan satu ukuran cup saja, mesin ini sudah cukup. Produk ini dirancang khusus untuk cup ukuran 16 Oz. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot memasang dan melepas ring berulang kali. Tambahan lagi, bobot mesin cup sealer Nankai ini tergolong ringan jika dibandingkan produk lain sehingga lebih mudah dipindahkan.

5. Milea
Cup SealingBG-622


Hanya dalam 3 detik, cup tersegel dengan sempurna!

Kelebihan:
  • Bisa menyegel cup dengan cepat
  • Desainnya elegan dan premium untuk mesin cup sealer manual
Kekurangan:
  • Harganya cukup tinggi jika dibandingkan mesin cup sealer manual yang lain
Pasti Anda ingin melayani pelanggan dengan baik tanpa harus membuatnya menunggu lama. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah produk ini. Tidak perlu waktu yang lama, mesin ini memiliki kemampuan menyegel gelas hanya dalam waktu 3 detik.

Di samping itu, Milea BG-622 memiliki desain yang modern dan elegan dengan handel yang kuat. Produk ini cocok dipilih bila Anda ingin mesin cup sealer manual dengan penampilan yang menarik.

6. Autata
Mesin Cup SealerATT-95S


Mesin cup sealer otomatis yang hemat listrik.

Kelebihan:
  • Membutuhkan daya listrik hanya 120 watt
  • Bisa menyegel 650 cup per jam
Kekurangan:
  • Harganya tergolong tinggi di antara mesin cup sealer otomatis yang lain
Produk ini merupakan mesin cup sealer terbaik bagi Anda yang ingin menghemat konsumsi listrik. Daya listrik yang dibutuhkan Autata ATT-95S hanya 120 watt.

Semua prosedur produk ini dilakukan secara otomatis, termasuk proses pencucian pisau pemotong plastik. Kami pastikan pekerjaan Anda akan lebih mudah dan praktis dengan mesin cup sealer otomatis ini!

7. Getra
Mesin Penyegel Gelas Plastik Semi OtomatisET-A9.


Enggak pakai tuas, mesin cup sealer semiotomatis rasa otomatis!

Kelebihan:
  • Proses penyegelan dilakukan secara otomatis
Kekurangan:
  • Bobot mesin cukup berat karena terbuat dari besi
  • Harganya cukup tinggi bila dibandingkan mesin semiotomatis yang lain
Produk ini merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang mencari rekomendasi mesin cup sealer otomatis, tetapi terbentur biaya. Getra A-69 merupakan mesin cup sealer semiotomatis rasa otomatis. Harganya lebih terjangkau dari jenis mesin otomatis, tetapi fiturnya mirip.

Beberapa prosedur pengoperasian mesin cup sealer Getra ini dilakukan secara otomatis, seperti pemutaran plastik dan penyegelan. Produk ini bahkan tidak dilengkapi tuas seperti pada mesin semiotomatis lainnya, lho. Anda hanya perlu memasukkan dan mengeluarkan cup secara manual.

8. Carlton
Manual Cup SealerCT-D8C


Punya digital counter meski bertipe manual, lho.

Kelebihan:
  • Dilengkapi digital counter untuk memudahkan menghitung cup yang tersegel
Kekurangan:
  • Tidak bisa digunakan untuk menyegel cup besar atau jumbo
Jika biasanya mesin cup sealer manual tidak dilengkapi penghitung atau counter, berbeda halnya dengan produk ini. Carlton CT-D8C memiliki digital counter yang berfungsi untuk menghitung jumlah plastik yang telah digunakan. Produk ini tentu akan banyak membantu Anda yang ingin selalu memantau inventory. Di samping itu, mesin ini menggunakan bahan steel alloy yang higienis dan tahan korosi.

9. Modena
Cup SealerCS 4016


Dibuat dari stainless steel, lebih awet dan tahan lama.

Kelebihan:
  • Menggunakan bahan stainless steel yang awet dan tahan lama
  • Harga cukup terjangkau untuk jenis mesin semiotomatis
Kekurangan:
  • Tidak banyak informasi mengenai spesifikasinya
Anda tentu ingin mesin cup sealer yang awet dan bisa digunakan bertahun-tahun, bukan? Karena itu, masukkanlah produk ini ke keranjang belanja Anda. Produk ini dibuat dari stainless steel murni tanpa campuran bahan lain. Dengan begitu, mesin ini memiliki daya tahan yang tinggi dan lebih awet. Daya tarik lainnya dari Modena CS 4016 adalah desainnya yang elegan. Produk ini menggunakan warna hitam yang mengilap pada bodinya.

10. Powerpack
Automatic Cup SealerCS-FA08


Mampu menyegel hingga 700 cup per jam!

Kelebihan:
  • Dapat menyegel maksimum hingga 700 cup per jam, cocok untuk kafe atau restoran besar
Kekurangan:
  • Konsumsi daya listrik cukup besar, yakni 450 watt
Anda yang butuh rekomendasi mesin cup sealer otomatis untuk bisnis kafe atau restoran yang besar bisa memilih produk ini. Powerpack CS-FA08 mampu menyegel minuman hingga 700 cup per jam. Selain itu, produk ini dilengkapi panel penghitung serta temperatur kontrol digital. Semua proses penyegelan dapat dikontrol melalui layar LCD. Mesin yang canggih, bukan?

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan produk mesin cup sealer terbaik berdasarkan fitur dan bermacam keunggulan lainnya. Apakah Anda telah menemukan mesin cup sealer yang bagus untuk dimiliki?

Mesin cup sealer tentu akan banyak membantu Anda dalam berbisnis minuman. Agar Anda bisa menemukan produk yang dibutuhkan, silakan mengacu pada poin-poin memilihnya dari kami, ya. Semoga bisnis Anda laris manis!

Tidak ada komentar