Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Agar Tak Tertukar dengan Pasien Lain, Begini Alur Makanan Pasien Diatur

Tiap pasien punya menu sesuai penyakitnya. Ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk menentukan menu. Bagaimana alurnya?


Tujuan dari pelayanan gizi kepada pasien rawat inap adalah untuk memperoleh asupan makanan sesuai dengan kondisi kesehatan. Tujuannya untuk mempercepat proses penyembuhan, mempertahankan dan meningkatkan status gizi.



"Cara menentukan diet pasien biasanya ada dua. Pertama diet ditentukan oleh dokter DPJP (dokter penanggung jawab pasien) dan yang kedua ditentukan berdasarkan kondisi pasien," tutur dr Elia Indrianingsih, Sp.Gk, selaku dokter spesialis gizi klinik Eka Hospital BSD. 




Pasien yang masuk dalam kriteria kondisi tertentu perlu konsultasi ke dokter gizi, seperti pasien dengan diabetes melitus, pasien dengan asupan yang kurang atau pasien dengan NGT (nasogastric tubes). 


"Pasien masuk ke ruang perawatan kemudian menjalani screening dan dokter akan memberikan penetapan diet, misalnya diabetes melitus lunak tim 1500 Kkal. Jika diperlukan konsultasi baru ke dokter gizi atau melalui screening yang ditentukan ahli gizi," jelas wanita ramah ini.



Penentuan menu di beberapa rumah sakit juga hampir sama. Tidak jauh berbeda dengan Eka Hospital BSD, di Mayapada Hospital Lebak Bulus, pasien yang masuk akan dilakukan screening atau anamnesis oleh AGRS (ahli gizi rumah sakit).



"Pada saat anamnesis, pasien akan ditanya mengenai kebiasaan makan, terapi diet sebelum dirawat, sejarah penyakit serta kebiasaan olahraga. Dan akan dikondisikan dengan terapi diet yang diberikan oleh instruksi dokter. Setelah instruksi itu masuk kemudian akan diterima oleh ahli gizi dan akan dihitung kebutuhan nutrisinya sesuai dengan terapi yang diberikan oleh dokter," jelas Rini Siti Haerani, S.Gz, ahli gizi Mayapada Hospital Lebak Bulus.




Screening gizi bertujuan untuk mengidentifikasi pasien yang berisiko, tidak berisiko malnutrisi atau kondisi khusus.


Setelah itu tim gizi akan melakukan perencanaan makan dengan pembagian waktu makan dalam sehari. Menunya disiapkan sesuai dengan kondisi penyakitnya. Dalam proses ini, pasien yang akan dirawat dihitung berat badan dan tinggi badan untuk kemudian dihitung kebutuhan kalorinya.



Agar menu tidak tertukar antara satu pasien dengan pasien lainnya tentu pihak rumah sakit punya cara khusus. Setelah ditentukan jenis diet sesuai dengan penyakitnya kemudian dokter akan membuat form tersendiri untuk pasien. 



"Form ini akan sampai ke dapur dan diinput oleh ahli gizi yang bertugas sehingga muncul suatu daftar semua pasien di rumah sakit beserta jenis dietnya apa, bentuknya dan jumlah kalorinya," jelas dr Dewi Anggraini, Kepala Departemen Gizi Siloam Hospital Kebon Jeruk.



Dari daftar tersebut nantinya akan dibuat order sheet untuk chef. Jadi chef akan membuat makanan sesuai dengan kebutuhan serta jumlah pasien dan tiap makanan diberikan label sesuai dengan nama pasien, jenis diet dan kelas.


Sebelum diletakkan dalam trolley pengangkut makanan (food warmer trolley), ahli gizi juga mengecek kesesuaian label yang tertera pada makanan. Label ini juga berisi beberapa pantangan atau permintaan pasien. Seperti alergi dengan jenis makanan tertentu ataupun penggantian jenis makanan yang diminta oleh pasien.


Berbeda dengan rumah sakit umum, di rumah sakit khusus ibu dan anak biasanya tidak ada menu khusus untuk pasien kelompok penyakit.



"Karena ini RSIA jadi pasiennya hanya ibu dan anak. Untuk ibu yang mau melahirkan, sebenarnya kan sehat jadi tidak ada pantangan tertentu. Bisa makan menu apapun, tetapi rumah sakit menyediakan makanan dalam versi yang lebih sehat," ujar Armina Immawati, S.Gz selaku Penanggung Jawab Unit Gizi RSIA Bunda.

(odi/lus)



Food Warmer Trolley Jaya Stainless


Detail produk dari " Food warmer trolley (trolley pemanas makanan) "

Food warmer trolley merupakan trolley pemanas makanan yang utamanya banyak digunakan dalam industri rumah sakit, tetapi mengingat fungsinya yang begitu penting dalam menjaga kualitas makanan trolley penghangat makanan ini juga banyak digunakan pada hotel, restoran, industri catering, dan industri makanan lainnya.

Spesifikasi :

-  Dimensi : 850 x 550 x 1400 mm
-  Material : termostat plat st. steel
-  Roda 5 inch” pakai rem

Food Warmer Trolley Jaya Stainless

Video trolley pemanas makanan



KUNJUNGI KAMI DI

Jl. Pahlawan Revolusi No.22b, Pondok Bambu Jakarta Timur – 13430
T. 021 – 861 3346, 8660 4409, 8660 4413
P. 081310045708 (WhatsApp), 085624322818
SMS/Whatsapp. 0813 1944 9301 | BBM. 5A965F12
Bantuan cepat via email : bumata@gmail.com
Website : jayastainless.com / bumata.co.id

Video trolley stainless steelVideo trolley bandara stainless

Tidak ada komentar