Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Tong Sampah Karya Siswa MAN Model Juara III Nasional


JAKARTA - Project edukasi pemilahan sampah melalui tong sampah kreatif diberi nama PokeBin, hasil karya siswa MAN Model Banda Aceh, Furqan dan Cut Raihan serta Pembimbing dari Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Aceh, Cut Sari Maylisa meraih Juara III nasional ajang Inovasi Lingkungan Toyota Ecoyouth Ecosociopreneur ke-10 saat final di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (22/12).
Cut Sari Maylisa mengatakan setelah menjalani proses penjurian dari awal Oktober hingga final presentasi di Jakarta, PokeBin berhasil keluar sebagai juara III dalam kategori social project Toyota EcoYouth ke-10. “Atas raihan tersebut tim PokeBin mendapatkan uang pembinaan Rp 30 juta serta pendampingan lainnya dari pihak PT Toyota selaku penyelenggara acara,” kata Cut Sari lewat siaran pers kepada Serambi kemarin.
Cut Sari menjelaskan PokeBin sebuah project edukasi pemilahan sampah untuk masyarakat melalui tempat sampah kreatif. Awalnya melalui project ini, Furqan dan Cut Raihan berhasil mendapat dana hibah dari pihak Toyota dan masuk dalam 25 finalis Toyota EcoYouth 10 dari 27 provinsi se-Indonesia setelah melalui seleksi lebih dari 2.500 proposal.
Dalam menjalankan project ini, KOPHI Aceh dan FKK (Forum Kolaborasi Komunitas) turun membimbing dan mengevaluasi kelancaran dan menyosialisasikan PokeBin di MTsN Model Banda Aceh dan RA Perwanida Banda Aceh.
Dengan tema EcoSocioPreneur, yaitu menyelamatkan lingkungan sekaligus mendapat keuntungan, tim Furqan berhasil menarik perhatian para juri dengan sistem memilah, mengolah, dan mendapatkan keuntungan dari PokeBin.
“Sistem pengolahan sampah pilihan akan mengurangi produksi limbah di TPA dan hasil pilahannya dapat kita jual, seperti botol plastik dan kertas. Sedangkan pilihan organik dapat kita olah menjadi pupuk kompos. Sebelumnya, kita harus mulai menarik minat masyarakat untuk memilah sampah terlebih dahulu,” jelasnya.
Ia menambahkan PokeBin karakter pokemon. Dalam animasi pokemon, setiap tokoh memiliki karakter yang dipresentasikan melalui warna dan kekuatannya. “Begitu juga PokeBin yang terdiri atas tiga tokoh animasi pokemon dan disesuaikan dengan jenis sampah,” kata Cut Sari mengutip penjelasan Furqan di hadapan dewan juri. (sal/rel)

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2016/12/26/tong-sampah-karya-siswa-man-model-juara-iii-nasional

Tidak ada komentar