Refrensi Produk Terbaik Dan Info Menarik

Supermarket Ini Sengaja Naikkan Harga Barang 5 Kali Lipat Demi Tujuan Sosial


Mahalnya harga barang di supermarket ini bukan tanpa alasan. Pengunjung diajak merasakan kesulitan masyarakat yang ada di garis kemiskinan.

Sebuah kampanye penting baru saja dibuat organisasi non-profit, Tipping Point Community dengan sebuah supermarket di Nob Hill, San Francisco Bay Area. Kampanye ini mengajak pengunjung merasakan bagaimana jika harga kebutuhan pokok begitu tinggi.

Sebagai simulasi, harga 3,5 liter susu yang normalnya 4,88 USD (Rp 65.500) dijual 24,40 USD (Rp 327.800). Ada juga semangkuk sup segar seharga 10 USD (Rp 134.300) dijual 50 USD (Rp 671.800) dan sekotak teh 5 USD (Rp 67.100) menjadi 25 USD (Rp 335.900).

Peningkatan harga hingga 5 kali lipat ini untuk menunjukkan perbedaan pendapatan rata-rata masyarakat di San Francisco dengan pendapatan mereka yang ada di garis kemiskinan.


Supermarket Ini Sengaja Naikkan Harga Barang 5 Kali Lipat Demi Tujuan SosialFoto: iStock


Seperti diketahui, pendapatan rata-rata warga San Francisco sekitar 121.000 USD. Sementara mereka yang ada di garis kemiskinan sebesar 24.000 USD.

Dengan menaikkan harga, Tipping Point berharap pengunjung bisa menilai harga sebuah barang layaknya sudut pandang mereka yang ada di garis kemiskinan. Ternyata hal ini memicu beragam reaksi pengunjung.

Dalam video kampanye unggahan Tipping Point terlihat banyak pengunjung yang heran. Namun ada juga yang akhirnya tidak jadi belanja.


Supermarket Ini Sengaja Naikkan Harga Barang 5 Kali Lipat Demi Tujuan SosialFoto: iStock


Seperti diketahui, beberapa wilayah di Amerika Serikat termasuk dalam food desert karena sulit menjangkau makanan berkualitas baik dan segar. Masyarakat di sana sering kali mengonsumsi makanan cepat saji yang murah dan mengenyangkan.

Sayangnya makanan tersebut tinggi kalori, lemak, dan gula sehingga memicu obesitas. Epidemi kesehatan ini menyebar ke seluruh wilayah Amerika Serikat dengan cepat.

Sebagai solusi, Tipping Point menggalang dana donasi. Dana ini nantinya dipergunakan untuk biaya pelatihan, pendidikan, dan dukungan bagi masyarakat Bay Area yang termasuk dalam garis kemiskinan.


Sumber : https://food.detik.com/read/2016/12/27/131201/3381316/297/supermarket-ini-sengaja-naikkan-harga-barang-5-kali-lipat-demi-tujuan-sosial

Tidak ada komentar